Jumat, 15 Januari 2010

Alat Produksi Minyak Blok Cepu Disertifikasi



(istimewa)

INILAH.COM, Bojonegoro - Sejumlah peralatan fasilitas produksi minyak Blok Cepu di Desa Mojodelik, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, memasuki tahap sertifikasi di Dirjen Migas, sebagai salah satu syarat uji kelayakan beroperasi.

"Ada sejumlah peralatan yang harus melalui sertifikasi, sekarang ini masih dalam proses," kata Eksternal Relations Manager Mobil Cepu Limited (MCL), Deddy Afidick, Jumat (26/6).

Dia mengaku, tidak hapal jumlah seluruh peralatan yang disertifikasikan di Dirjen Migas. Hanya disebutkan, di antaranya Gas Oil Separation (GOS), tabung besar penampung minyak, dan sejumlah peralatan besar lainnya.

"Kalau memang sudah mendapatkan sertifikasi, baru peralatan produksi bisa dioperasionalkan," katanya menjelaskan.

Menurut dia, pembangunan fasilitas produksi diatas lahan seluas 20 hektare di Kecamatan Ngasem, Bojonegoro itu, sudah mendekati rampung dan diperkirakan sudah mencapai 90 persen.

Tetapi, beroperasionalnya fasilitas produksi minyak Blok Cepu tersebut, juga menunggu rampungnya pembangunan kilang mini di Desa Sumengko, Kecamatan Kalitidu.

Kilang mini yang dikelola Tri Wahana Universal tersebut, memiliki kapasitas 6.000 barel per hari yang sekarang ini pembangunannya masih dalam proses penyelesaian.

Kelancaran produksi minyak Blok Cepu yang ditargetkan 20.000 barel per hari, lanjutnya, termasuk bergantung rampungnya pembangunan pipa distribusi minyak dari lapangan sumur minyak Banyu Urip, di Desa Mojodelik, Kecamatan Ngasem menuju fasilitas produksi di Desa Gayam, Kecamatan Ngasem, sejauh 1 km. "Pembangunan pipa distribusi sebesar 20 inci tersebut baru berjalan separuhnya," katanya menambahkan.

Yang jelas, katanya, empat buah sumur minyak Blok Cepu, dilengkapi dengan dua buah sumur injeksi sudah siap dioperasionalkan.

Dia tidak bisa memberikan waktu pasti, berproduksinya minyak Blok Cepu, karena semuanya masih menunggu rampungnya pembangunan fasilitas produksi, pembangunan kilang mini dan kesiapan jaringan pipa distribusi dari fasilitas produksi ke lapangan Mudi di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Tuban. [*/cms]


http://www.inilah.com/berita/ekonomi/2009/06/26/120488/alat-produksi-minyak-blok-cepu-disertifikasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar